Get paid To Promote at any Location

Friday, May 28, 2010

Kolam Seribu Warna

Satu lagi keajaiban alam yang pantas kita kagumi, Morning Glory Pool, di Yellowstone National Park, Wyoming, Amerika. Kolam 'seribu wajah' karena penampilan warnanya yang warna-warni, biru, hijau, kuning, orange, coklat tembaga.
Kolam Seribu Warna
Coba saja lihat saja foto-foto ini saat kolam air panas itu berubah warna. Yang uniknya warna tampilan tidak hanya satu, tapi beberapa warna. Misalnya, pada bagian tengah danau yang terdapat ceruk dalam, berwarna biru muda, lalu pinggirannya berwarna kuning, pinggir bagian luar berwarna merah kecoklatan. Atau kadang bagian tengah berwarna hijau bening.
Kolam Seribu Warna
Fenomena ajaib ini membuat Morning Glory Pool sangat terkenal di dunia sebagai tujuan wisata. Setiap tahun sekitar 3 juta lebih pengunjung datang ke sini untuk menyaksikan keajaiban kolam ini. Konon, kolam ini telah ada dan dinamai "morning glory pool' sejak tahun 1880. Kemunculannya yang mengejutkan seperti keindahan bunga di pagi hari, diduga terjadi karena peristiwa alam seperti gempa bumi dan aktifitas seismik di daerah itu.
Kolam Seribu Warna
Aslinya, kolam air panas itu didominasi warna biru cemerlang. Tapi kemudian berubah menjadi beberapa warna karena ulah manusia, yakni, para pengunjung yang membuang uang coin, batu, kayu bahkan sampah. Akibatnya benda-benda yang dibuang di dalam kolam itu tertanam di dasar kolam, karena ini terjadi bertahun-tahun, yang menyumbat saluran-saluran air panas didasar kolam. Sirkulasi air terganggu, dan suhu air pun menurun. Kolam yang tadinya berwarna biru dengan uap yang mengepul-ngepul saking panasnya air, kini tidak lagi.
Kolam Seribu Warna
Akibat suhu menurun, bakteri pun mulai masuk dan mengubah warna biru menjadi kuning, orange dan coklat tembaga. .Awalnya, bakteri hanya ada di pinggir kolam (warna kuning dan orange) namun seiring dengan makin menurunnya suhu, bakteri mulai merangsek masuk hingga ke tengah.
Kolam Seribu Warna
Warna biru kehijauan kini tidak lagi mendominasi kolam itu. Sebaliknya, justru warna kuning, orange, coklat tembaga mulai terlihat menyebar. Kalau keadaan ini tidak bisa segera diatasi,maka bukan tak mungkin keindahan kolam air panas Morning Glory Pool hanya tinggal kenangan yang tertinggal di foto-foto saja.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2735103

No comments:

Post a Comment